rss

Senin, 17 Agustus 2009

"Tips Menghadapi Ulangan Sejarah"

Pernahkah kamu menghadapi tumpukan bab sejarah yang harus segara dibaca karena akan ulangan ? Padahal pada waktu itu kamu juga akan menghadapi ulangan-ulangan pelajaran lain? Pasti tak jarang membuat panik dan stres berat. Padahal untuk sukses dalam ulangan sejarah caranya cuma ada dua yaitu MEMBACA DAN MEMBACA !!!!!

Ada tips yang bisa kalian latih supaya kalian bisa memiliki kemampuan membaca yang lebih cepat. Tapi sebelumnya kalian harus tau dulu kebiasaan membaca yang salah dan bikin lama !

1. Membaca dengan bersuara (terlalu lama karena membaca secara detail)
2. Membaca dengan menunjuk tulisan (terlalu lama karena membaca secara detail)
3. Mata tidak tertuju pada tulisan
4. Mangulang bacaan yang sudah pernah dibaca

Tahukah kamu mata kita memiliki kemampuan merekam yang luar biasa? Selain melihat, mata kita secara otomatis akan merekam apa yang dilihatnya. Indra kita satu ini, lebih canggih dari pada handycamp manapun yang pernah di buat. Hard discnya (tempat menyimpan) sangat besar yaitu OTAK kita !!!!

Mengapa sering kali kita tidak bisa mengingat apa yang sudah kita baca? Hal disebabkan cara membaca kita adalah salah. Saat kita belajar membaca, kita biasa diajarkan untuk mengeja. Padahal dengan mengeja kita memperlampat proses penyerapan informasi dari tulisan tersebut.

Otak melalui mata kita juga memiliki daya analisa simbol yang cepat dan akurat (sperti liputan 6 SCTV aja ....). Sama halnya kalau kalian lagi jalan-jalan di Mall, pasti kalian langsung dapat membedakan dimana tempat toilet cowok dan cewek dengan melihat simbolnya. Cara kerja otak demikian ini bisa kita praktekan dalam membaca dengan melihat tulisan sebagai simbol dan bukaan ejaan yang menghabiskan waktu.

Solusinya adalah membaca tulisan itu sebagai simbol-simbol bukan sebuah ejaan. Contohnya, "BOLA" arti simbolnya adalah benda bulat yang biasa ditendang. Apabila kita mengeja BO - LA = BOLA maka kita akan berkonsentrasi pada huruf-huruf baru mengartikannya. Jadi mengeja kata atau kalimat memperlambat pemahaman terhadap tulisan.

Setelah memahami tulisan sebagai simbol. Langkah berikutnya adalah MENGHINDARI MEMBACA SECARA DETAIL dari sebuah kalimat atau paragrap. Lihat simbol-simbol yang memiliki arti penting saja. Kemudian hubungkan dan artikan simbol itu.
Secara sederhanya, membaca dengan cara melompat-lompat dengan hanya melihat simbol yang penting saja.

Untuk memahami isi bacaan secara menyeluruh diperlukan persiapan. Biasakan perhatikan terlebih dahulu JUDUL BACAAN, PEMBAGIANNYA (biasanya dalam bab atau poin), GAMBAR, BAGAN, HURUF TEBAL, MIRING, GARIS BAWAH, TANGGAL/TAHUN dan simbol-simbol lainya. kemudian bayangkan isi dari bacaan tersebut.

Setelah dapat membayangkan isi dari sebuah bacaan, langkah selanjutnya. yaitu perhatikan kalimat/paragraph cari simbol penting dalam dan kaitkan simbol tersebut. Mungkin pada awalnya agak sulit, kalian bisa latih dengan cari simbol pada kalimat dulu kemudian terjemahkan isi kalimat. Pada tahap selanjutnya kalian bisa latih dengan melihat paragrap, lihat simbol-simbol yang penting saja dan terjemahkan paragrap itu.

Untuk dapat melakukannya dengan sempurna di perlukan latihan yang terus menerus untuk membuat kebiasaan baru. SEMOGA BERMANFAAT dan MENINGKATKAN NILAI ULANGAN SEJARAH KALIAN DAN PELAJARAN LAINNYA. TETAP BERSEMANGAT !!!!!!

3 komentar:

Jerryl Jeovano mengatakan...

Makasi Pak.semog berguna dech....
hehehehehehehehehe.....

Ivan A. H. on 20 Agustus 2009 pukul 19.32 mengatakan...

hahaha....
ya pak moga2 hr Kamis anak2 klz 9 ulangannya bs smua...
Pak, klz 9 yg bab 4 kq g ada ya?

gidion alvian agustino on 24 Agustus 2009 pukul 17.54 mengatakan...

sudah di up load
tetap smangat .....
thanks ................